Bibit Bawang Merah Trisula

Bawang Merah Trisula memiliki umur Panen berkisar 55 hari. Potensi Hasil dari bawang ini adalah sekitar antara 6,50 sampai dengan 23,21 ton/ha. Bawang ini mampu bertahan sampai 5 bulan dalam keadaan normal.

Dengan adanya keunggulan bawang yang memiliki daya tahan yang lama, dapat meningkatkan produksi pangan khususnya sebagai salah satu Sembilan bahan pokok pangan dalam masyarakat.

Bawang merah Varietas Trisula untuk hasil panen, lama panen, dan bentuk semua sama dengan varietas bawang merah pada umumnya. “Selain tahan hujan, juga tahan penyakit”. Varietas baru ini tercipta sama sekali tidak ada campur tangan teknologi asing. Ini murni hasil kerja dari badan penelitian Kementerian Pertanian, untuk meningkatkan produktifitas pertanian yang sebagian besar menurun karena adanya masalah cuaca.

Berbagai varietas unggul bawang merah telah banyak dihasilkan oleh Kementerian Pertanian, melalui Balai Tanaman Sayuran, Balitbangtan. Salah satu varietas unggul yang dihasilkan adalah bawang merah varietas Trisula yang memiliki umbi berbentuk bulat dengan ujung runcing dan berwarna merah tua. Produksi umbi kering mencapai 6,50-23,21 ton/ha, dengan susut bobot dari umbi basah menjadi umbi kering sekitar 38.04%. Daya simpan umbi pada suhu kamar hingga 5 bulan setelah panen. Jumlah umbi per rumpun 5-8 umbi dengan berat umbi per rumpun 39,0 – 93,3 g dan jumlah anakan 5 – 8 anakan. Hasil umbi per hektar 6,50 – 23,21 ton, populasi yang bisa ditanam per hektar 320.000 – 330.000 tanaman denhan kebutuhan benih per hektar 600 – 1.300 kg. Keunggulan Varietas Produksi tinggi, Beradaptasi dengan baik di dataran rendah dengan ketinggian 6 – 85 m dpl

Scroll to Top
× Konsultasi Dengan Kami