Waspadalah!!

Hama Gurem Melanda

Gurem merupakan binatang kecil yang sering merusak tanaman di kebun atau pertanian. Apabila tidak ditangani dengan tepat, gurem dapat menyebar dan merusak tanaman lainnya

Sudah tau apa itu Gurem?

Gurem merupakan serangga kecil yang termasuk dalam keluarga Aphididae. Serangga ini biasanya hidup dalam kelompok dan dapat memakan daun dan batang tanaman. Gurem sering dianggap sebagai hama tanaman karena mereka merusak tanaman yang menjadi makanannya.

Faktor yang Membuat Gurem Menyebar

KELEMBAPAN Biasanya binatang kecil ini akan memulai perkembang biakan dengan cepat di tempat dengan intensitas lembap tinggi.

SUHU Tak hanya itu, mereka juga bisa berkembang biak lebih cepat ketika berada di suhu hangat.

KEBERADAAN PREDATOR Ketika predator yang menanganinya tidak ada, maka binatang ini bisa jauh lebih cepat dalam penyebarannya.

Bagaimana Cara Mengenali Gurem?

Adapun cara mudah mengenali gurem berdasarkan dengan ciri-ciri berikut, mulai dari :

Ciri – Ciri Gurem

Ukuran tubuh kecil

Warna tubuhnya jika tidak hijau, agak kekuningan

Hidup bergerombol

Penjelasan Cirinya

emang, binatang ini memiliki tubuh yang kecil serta ramping.

Warna pada tubuhnya diantara hijau ataupun kekuningan.

Binatang ini tidak menyendiri, namun lebih sering berkumpul dan biasanya memiliki jumlah banyak

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah hama gurem pada pertanian bawang merah Questions

Hindari menanam bawang merah secara berkelanjutan di lokasi yang sama setiap tahun. Gantilah dengan tanaman lain yang tidak rentan terhadap hama gurem. Hal ini akan mengurangi populasi hama gurem di area tersebut.

Pilih varietas bawang merah yang memiliki ketahanan terhadap serangan hama gurem. Beberapa varietas telah dikembangkan untuk memiliki ketahanan terhadap hama ini.

Bersihkan area pertanian dari gulma secara teratur, karena gulma dapat menjadi tempat persembunyian dan sumber makanan bagi hama gurem.

Pasang jaring perakitan di sekitar area pertanian untuk mencegah serangan langsung oleh hama gurem. Jaring ini akan menghalangi serangga dewasa masuk ke dalam area tanaman.

Gunakan insektisida nabati seperti ekstrak neem atau ekstrak bawang putih untuk mengendalikan populasi hama gurem. Insektisida nabati umumnya lebih aman bagi lingkungan dan manusia dibandingkan dengan insektisida kimia sintetik.

Lakukan pemantauan rutin terhadap tanaman bawang merah untuk mendeteksi adanya tanda-tanda serangan hama gurem. Jika terdeteksi adanya serangan, segera lakukan tindakan pengendalian yang diperlukan.

Gunakan perangkap feromon untuk menarik dan menangkap hama gurem jantan. Hal ini dapat membantu mengurangi populasi hama secara efektif.

Pastikan area pertanian tetap bersih dan bebas dari sisa-sisa tanaman yang telah dipanen atau tanaman yang sudah mati. Hama gurem dapat menggunakan sisa-sisa ini sebagai tempat persembunyian atau tempat berkembang biak.

Berikan pupuk organik secara teratur untuk meningkatkan kesehatan tanah dan ketahanan tanaman bawang merah terhadap serangan hama gurem.

Jika serangan hama gurem sulit dikendalikan, sebaiknya konsultasikan dengan ahli pertanian atau petugas penyuluh pertanian untuk mendapatkan saran dan solusi yang lebih spesifik sesuai dengan kondisi lokal Anda.

"Bertani dengan bijak agar tetap mewariskan tanah subur pada generasi berikutnya

“Bertani adalah pilihan, maka menjadi petani yang sukses harus penuh perjuangan.”

7 hal yang perlu dipersiapkan oleh kita sebelum TERJUN ke dunia usaha tani Bawang Merah:

 

1. Memohon kemudahan kepada Allah dan niatkan sebagai ibadah (bukan judi/untung untungan)
2. Mental yang kuat
3. Tidak takut gagal
4. Belajar disiplin
5. Berani mengambil resiko
6. Belajar dari orang yang tepat atau punya mentor
7. Ojo kesusu alias kudu sabar.

Scroll to Top
× Konsultasi Dengan Kami