Tips tetap lancar berpuasa meski kerja di sawah atau ladang

Berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan saat bekerja di sawah atau ladang meski anda menjalankan ibadah puasa

  1. Hindari tidur setelah makan sahur, keadaan ini akan membuat tubuh menjadi semakin lemas pada siang hari bahkan saat kerja di bawah terik matahari
  2. Hindari sikap bermalas-malasan, tetaplah aktif melakukan kegiatan sehari-hari, termasuk amalan-amalan yang mendatangkan pahala serta melakukan olahraga ringan.
  3. Tidur yang cukup, hal ini dilakukan agar sel-sel otot dan organ tubuh dapat pulih kembali, baik siang maupun malam.
  4. Menyegerakan berbuka, awali dengan makanan atau minuman manis, seperti kurma atau teh manis, atau minuman manis lainnya. Jika tak memiliki kurma, maka hendaklah dengan air.
  5. Hindari minuman dingin atau es, hal ini dapat menyebabkan perut kembung dan akan menambah kelesuan meskipun perut kenyang.
  6. Berbuka hendaknya dilakukan secara bertahap, setelah berbuka dengan makanan/minuman yang manis, sebaiknya perut istirahat terlebih dahulu lebih kurang 30-60 menit sebelum menyantap hidangan berbuka lainnya. Pada saat menyantap makan pun, sebaiknya dilakukan secara bertahap, jangan langsung berlebihan.
  7. Mengonsumsi makanan berserat, yakni dengan makan sayur dan buah saat berbuka atau sahur. Selain mengurangi kekeringan tubuh (karena kandungan air dalam makanan berserat cukup tinggi), tubuh juga dapat menahan rasa lapar lebih lama dengan makanan berserat. Hal ini diakibatkan tubuh memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna makanan berserat;
  8. Mengonsumsi makanan bergizi, perbanyak makanan yang mengandung lima unsur gizi lengkap, seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral, agar tubuh tetap sehat.
  9. Banyak minum air putih, pada malam hari dan saat sahur, perbanyaklah minum air putih, serta selingan dengan bahan berkalori tinggi, misalnya madu, kurma, gula, susu dan lain-lain untuk mencegah dehidrasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi Dengan Kami